Stikes Yarsi Pontianak

HOME LOGIN "Welcome To White Campus Stikes Yarsi Pontianak "

UNIT PENJAMINAN MUTU

SEKAPUR SIRIH

MASALAH pendidikan adalah suatu masalah yang tidak pernah tertimbun longsoran gempa dan lahar gunung berapi bahkan tidak akan pernah ditelan bumi sekalipun Tsunami melanda silih berganti. Sepanjang peradaban manusia itu masih ada, masalah yang berkenaan dengan pendidikan akan selalu ada atau senantiasa ada. Jadi Membangun mutu dan merevisi sektor pendidikan juga sesuatu yang mutlak ada, dan merupakan kerja yang sangat berat yang berkesinambungan. Hal ini terjadi karena tuntutan reformasi dan zaman selalu berubah.

Maka proses pendidikan yang dilaksanakan di STIKES YARSI Pontianak bukan hanya sekadar mempersiapkan mahasiswa-mahasiswi yang mampu hidup dalam komunitas masyarakat kini, tetapi mereka juga harus dipersiapkan untuk hidup pada komunitas  masyarakat yang akan datang yang semakin lama semakin sulit diprediksi. Kesulitan memprediksi karakteristik masyarakat yang akan datang disebabkan oleh kenyataan bahwa di era global ini perkembangan masyarakat tidak linier lagi. Perkembangan masyarakat penuh dengan eskalasi dalam berbagai aspek kehidupan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Keberhasilan kita masa lalu belum tentu memiliki validitas untuk menangani dan menyelesaikan persoalan pendidikan masa kini dan bahkan masa yang akan datang.

Di samping itu, kehidupan global menuntut dikuasainya teknologi informasi yang merupakan faktor paling esensial dan eksistensial, karena teknologi informasi juga dapat berpengaruh secara luas dalam bidang pendidikan dan pengajaran misalnya, dapat membelajarkan diri secara otodidak maupun secara pedagogic terhadap orang lain dalam suatu proses pendidikan yang bersifat maya (virtual). Hal ini membawa implikasi bahwa pendidikan dan pengajaran yang kita gulirkan di STIKES YARSI Pontianak ini harus mampu mempersiapkan mahasiswa-mahasiswinya menjadi komunitas yang unggul dalam menghadapi era globalisasi.

Agar STIKES YARSI Pontianak memiliki peran yang signifikan dalam menciptakan alumni-alumni yang siap memenuhi kebutuhan masyarakat dan tantangan dari globalisasi, maka sistem manajemen pendidikan sengaja dibuat untuk mampu secara mikro/makro memberdayakan komunitas kampus dan masyarakat  luas dengan memiliki unggulan komparatif dan unggulan kompetitif.

Hal ini membawa konsekuensi bahwa pendidikan harus dikonseptualisasikan sebagai suatu usaha dan proses pemberdayaan, yang benar-benar dan harus disadari secara kolektif, sekali lagi, harus disadari secara kolektif dalam rangka menciptakan sistem dan pola kerja yang kolegial pula untuk melakukan investasi masa depan bangsa, sebagai perwujudan semangat membangun mutu pendidikan yang berkualitas.

Unit penjaminan mutu STIKES YARSI Pontianak adalah suatu badan ad hock yang dibentuk oleh Ketua STIKES YARSI Pontianak, yang bersifat independen dibawah koordinasi langsung dari Ketua STIKES YARSI Pontianak, menjalankan fungsi membantu ketua STIKES YARSI Pontianak dalam monitoring dan evaluasi kinerja semua unit kerja di lingkungan STIKES YARSI Pontianak dalam pemcapaian visi dan misinya.

 

Visi:

Mutu sebagai kultur di setiap unit kerja di STIKES YARSI Pontianak.

 

Misi:

  1. Memberdayakan semua unit untuk mengembangkan dan menerapkan sistem manajemen mutu;
  2. Mengembangkan dan mengimplementasikan sistem monitoring dan audit internal; serta
  3. Mengembangkan dan mengimplementasikan sistem monitoring dan audit eksternal.

 

Tugas:

  1. Membuat rencana, mengimplementasikan sekaligus mengembangkan standar penjaminan mutu (SPM) STIKES YARSI Pontianak;
  2. Menyusun dokumen-dokumen mutu dan berbagai perangkat yang dibutuhkan dalam rangka mengimplementasikan SPM STIKES YARSI Pontianak;
  3. Melakukan koordinasi pelaksanaan SPM STIKES YARSI Pontianak;
  4. Memantau, menilai dan mengaudit serta melakukan evaluasi hasil pelaksanaan SPM STIKES YARSI Pontianak;
  5. Melakukan kajian-kajian terhadap pelaksanaan penjaminan mutu pada unit kerja dan menyampaikan hasil kajiannya pada Ketua STIKES YARSI Pontianak;
  6. Menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu (kompeten) dalam pelaksanaan penjaminan mutu, maupun penilaian penjaminan mutu (auditor internal) di STIKES YARSI Pontianak.

 

Fungsi:

  1. Memberikan informasi dan konsultasi terkait kegiatan pada unit kerja di STIKES YARSI Pontianak;
  2. Badan penjaminan mutu bertanggung jawab menyelenggarakan sistem penjaminan mutu secara keseluruhan di STIKES YARSI Pontianak dan mencapai indikator-indikator kinerja sesuai target yang telah ditetapkan;
  3. Mengembangkan sistem penjaminan mutu (SPM) yang kontinyu (continuous quality improvement) di STIKES YARSI Pontianak;
  4. Memberikan layanan konsultasi, pendampingan dan kerjasama dalam bidang penjaminan mutu perguruan tinggi; dan
  5. Mengembangkan sistem informasi penjaminan mutu yang adaptif dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

 

Kepala Unit Penjaminan Mutu STIKES YARSI Pontianak:

Ns. Masmuri, S.Kep

 

ANGGOTA:

Nurpratiwi, S.Kep, Ners