Stikes Yarsi Pontianak

HOME LOGIN "SELAMAT DATANG DI KAMPUS PUTIH, STIKes YARSI PONTIANAK"

UNIT PENJAMINAN MUTU

PRATAKATA

SPMI pada STIKES YARSI Pontianak dirancang, dilaksanakan, dan ditingkatkan mutunya secara berkelanjutan dengan berdasarkan pada model PDCA (Plan, Do, Check, Action). Dengan model ini, maka STIKES YARSI Pontianak akan menetapkan terlebih dahulu tujuan yang ingin dicapai melalui strategi dan serangkaian aktivitas yang tepat. Kemudian, terhadap pencapaian tujuan melalui strategi dan aktivitas tersebut akan selalu dimonitor secara berkala, dievaluasi, dan dikembangkan ke arah yang lebih baik secara berkelanjutan.

Dengan model manajemen PDCA, maka setiap unit dalam lingkungan STIKES YARSI Pontianak secara berkala harus melakukan proses evaluasi diri untuk menilai kinerja unitnya sendiri dengan menggunakan standar dan prosedur yang telah ditetapkan. Hasil evaluasi diri akan dilaporkan kepada pimpinan unit, seluruh staf pada unit bersangkutan, dan kepada ketua STIKES YARSI Pontianak. Terhadap hasil evaluasi diri pimpinan unit dan pimpinan STIKES YARSI Pontianak akan membuat keputusan tentang langkah atau tindakan yang harus dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu.

Melaksanakan SPMI dengan model manajemen PDCA juga mengharuskan setiap unit dalam STIKES YARSI Pontianak bersikap terbuka, kooperatif, dan siap untuk diaudit atau diperiksa oleh tim auditor internal yang telah mendapat pelatihan khusus tentang audit SPMI. Audit yang dilakukan setiap akhir tahun akademik akan direkam dan dilaporkan kepada pimpinan unit dan Ketua STIKES YARSI Pontianak, untuk kemudian diambil tindakan tertentu berdasarkan hasil temuan dan rekomendasi dari tim auditor.

Semua proses di atas dimaksudkan untuk menjamin bahwa setiap kegiatan penyelenggaraan pendidikan tinggi pada STIKES YARSI Pontianak terjamin mutunya, dan bahwa SPMI STIKES YARSI Pontianak pun juga selalu dievaluasi untuk menemukan kekuatan dan kelemahannya sehingga dapat dilakukan perubahan ke arah perbaikan secara berkelanjutan.

Hasil pelaksanaan SPMI dengan basis model manajemen PDCA adalah kesiapan semua prodi dalam STIKES YARSI Pontianak untuk mengikuti proses akreditasi atau penjaminan mutu eksternal oleh BAN PT dan Lembaga Akreditasi Mandiri.

Dalam upaya mewujudkan pembangunan nasional, khususnya bidang kesehatan, dalam rangka menghadapi era globalisasi yang membutuhkan tenaga-tenaga professional di bidang kesehatan, serta memperhatikan program pemerintah terkait dengan MDG's 2015 dan Indonesia Sehat, maka sangat diperlukan insan kesehatan yang siap pakai.

 

 

Prinsip Dalam Melaksanakan SPMI STIKES YARSI Pontianak:

Untuk mencapai tujuan SPMI STIKES YARSI Pontianak tersebut di atas dan juga untuk mewujudkan visi, misi, dan tujuan STIKES YARSI Pontianak, maka civitas akademica dalam melaksanakan SPMI pada setiap unit dalam STIKES YARSI Pontianak selalu berpedoman pada prinsip:

1.  berorientasi kepada pemangku kepentingan internal dan eksternal

2.  mengutamakan kebenaran

3.  tanggung jawab sosial

4.  pengembangan kompetensi personel

5.  partisipatif dan kolegial

6.  keseragaman metode

7.  inovasi, belajar dan perbaikan secara berkelanjutan

 

Strategi SPMI STIKES YARSI Pontianak:

Strategi STIKES YARSI Pontianak di dalam melaksanakan SPMI adalah:

1.  melibatkan secara aktif semua civitas academica sejak tahap perencanaan hingga tahap evaluasi dan tahap pengembangan SPMI.

2.  melibatkan pula organisasi profesi, alumni, pelayanan kesehatan dan pemerintahan sebagai pengguna lulusan, khususnya pada tahap penetapan standar SPMI.

3.  melakukan pelatihan secara terstruktur dan terencana bagi para dosen dan staf administrasi tentang SPMI, dan secara khusus pelatihan sebagai auditor internal.

4.  melakukan sosialisasi tentang fungsi dan tujuan SPMI kepada para pemangku kepentingan secara periodik.

 

Untuk kewenangan Unit Penjaminan Mutu dalam melaksanakan sistem penjaminan mutu di STIKES YARSI Pontianak, maka ditetapkan Tugas Pokok dan Fungsi (TUPOKSI) Unit Penjaminan Mutu. Tugas pokok penjaminan mutu adalah membantu pimpinan STIKES YARSI Pontianak melakukan penjaminan mutu secara bertahap, sistematis dan terencana dalam program penjaminan mutu dengan uraian tugas sebagai berikut:

  1. Mengawasi dan memelihara pelaksanaan sistem manajemen mutu di lingkungan STIKes YARSI Pontianak
  2. Memandu, memfasilitasi dan mengkoordinasikan terlaksananya sertifikasi sistem manajemen mutu di lingkungan STIKes YARSI Pontianak
  3. Melaporkan kepada Ketua tentang kinerja sistem manajemen mutu di lingkungan STIKes YARSI Pontianak dan kebutuhan untuk memperbaikinya
  4. Memastikan persyaratan pelanggan di lingkungan STIKes YARSI Pontianak
  5. Memfasilitasi pemberian layanan penjaminan mutu berupa pendampingan baik di lingkungan STIKes YARSI Pontianak maupun di lingkungan perguruan tinggi/institusi mitra
  6. Menghimpun hasil pengukuran kepuasan pelanggan dari program studi dan memantau tindak lanjutnya
  7. Melaksanakan assesment program, kegiatan dan layanan menejemem mutu pada unit kerja di lingkungan STIKes YARSI Pontianak
  8. Mengatur penyelenggaraan audit internal dan memantau tindak lanjutnya
  9. Mengembangkan kompetensi auditor internal
  10. Mengatur pelaksanaan tinjauan manajemen dan memelihara rekamannya
  11. Mengawasi dan memelihara pelaksanaan sistem manajemen mutu di lingkungan STIKes YARSI Pontianak
  12. Melaporkan kepada Ketua tentang kinerja sistem penjaminan mutu di lingkungan STIKes YARSI Pontianak

Sasaran                      :

  1. Terlaksananya visi, misi, sasaran & tujuan STIKES YARSI Pontianak, tata kelola dan sistem penjaminan mutu.
  2. Tersusunnya rumusan kebijakan dan standar mutu bagi semua core unit dan supproting unit dalam melaksanakan tri darma perguruan tinggi.
  3. Tersusunnya perangkat dan prosedur yang diperlukan dalam rangka pelaksanaan penjaminan mutu internal
  4. Terimplementasinya sistem penjaminan mutu sesuai kebutuhan pengembangan STIKES dalam rangka pencapaian visi dan misi yang telah ditetapkan dalam rangka penjaminan mutu internal dan eksternal

Fungsi:

  1. Penyusunan rumusan tentang kebijakan mutu, manual mutu, standar mutu dalam melaksanakan tri darma perguruan tinggi
  2. Penyusunan perangkat dan prosedur yang diperlukan dalam rangka pelaksanaan penjaminan mutu internal
  3. Pengelolaan penjaminan mutu di tingkat STIKES yang berwenang melakukan perencanaan, implementasi, penilaian, dan pengembangan sistem penjaminan mutu dalam melaksanakan tri darma perguruan tinggi sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dalam rangka penjaminan mutu internal dan eksternal

 

Pelaksanaan SPMI pada setiap unit STIKES YARSI Pontianak:

STIKES YARSI Pontianak memiliki 3 program studi yaitu Prodi D3 Keperawatan, S1 Keperawatan, dan Profesi Ners,  dan terdiri dari 7 unit yaitu Badan Adiministrasi Umum dan Keuangan (BAUK), Badan Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK), Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Unit Laboratorium, Unit Perpustakaan, Unit Komputer, Unit Asrama,. Sejak  tahun 2010 STIKES YARSI Pontianak menetapkan seluruh unit kerja akademik maupun non-akademik harus melaksanakan SPMI dalam setiap aktivitasnya.

Agar pelaksanaan SPMI pada semua unit berjalan lancar dan terkoordinasi secara efektif, maka untuk siklus pertama SPMI yaitu dari tahun 2010-2015, STIKES YARSI Pontianak  membentuk sebuah unit kerja baru yaitu Unit Penjaminan Mutu yang bertugas untuk menyiapkan, merencanakan, merancang, menetapkan, melaksanakan, mengendalikan, mengevaluasi dan mengembangkan SPMI.

Salah satu langkah penting dalam implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) adalah tahapan perumusan standar. Rumusan standar penyelenggaraan pendidikan yang ditetapkan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yarsi Pontianak mengacu pada Standar yang ditetapkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Kepala Unit Penjaminan Mutu

Ns. Deisy Sri Hardini, M.Kep., Sp. Kep., An.

 

V I S I

TERCIPTANYA SISTEM PENJAMINAN MUTU YANG MAMPU MEMBAWA STIKES YARSI PONTIANAK MENUJU PUSAT PENDIDIKAN PRIMA DI BIDANG KESEHATAN UNTUK MENGHASILKAN LULUSAN BERKARAKTER ISLAMI DAN PROFESIONAL BERBASIS MASYARAKAT TAHUN 2021

M I S I

  1. MEMBANGUN BUDAYA MUTU BAGI SELURUH CIVITAS AKADEMIKA STIKES YARSI PONTIANAK
  2. MEMBANGUN SISTEM PENJAMINAN MUTU STIKES YARSI PONTIANAK BERSTANDAR NASIONAL PERGURUAN TINGGI
  3. MEMBINA INSTITUSI DAN UNIT KERJA DALAM IMPLEMENTASI SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI) STIKES YARSI PONTIANAK SECARA BERKELANJUTAN
  4. MELAKUKAN MONITORING EVALUASI INTERNAL (MONEVIN) DAN AUDIT MUTU INTERNAL (AMI) AKADEMIK DAN NON AKADEMIK
  5. MENINGKATKAN SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL BERDASARKAN KAJIAN MUTU

 

SIKLUS SISTEM PENJAMINAN MUTU

 

STRUKTUR ORGANISASI DAN TATA KERJA


KONSULTASI SYARI'AH

Nama:
Email:
Komentar:
 

KONSULTASI KESEHATAN

Nama:
Email:
Komentar: